Jumat, 22 Juli 2016

Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi

Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi,- Menjaga kesehatan & kekuatan tulang yaitu hal utama yang mesti selalu dilakukan oleh setiap orang. Karena dengan tulang yang sehat & kuat, badan tak dapat dapat melakukan segala macam aktivitas mulai dari gerakan ringan hingga dengan aktivitas berat sekalipun dengan tanpa halangan.

Untuk mendapatkan tulang & sendi yang sehat, tubuh kita pasti memerlukan nutrisi & zat gizi pun mineral yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Tapi tidak hanya kalsium supaya kesehatan tulang terus terjaga. Tulang juga memerlukan zat-zat gizi pula mineral lain yang tidak kalah utama buat menutrisi tulang biar tetap kuat. Zat gizi juga mineral lain dapat berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Tanpa adanya mineral lain, tubuh tidak akan bisa menyerap kalsium dengan baik.


Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi
Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur bagi Kesehatan Tubuh. Kadang atau bahkan banyak nggak suka makan sayur, makan buah pun pilih-pilih. Kita bahkan lebih suka makanan yang instan, fast food. Makanan tersebut justru membahayakan bagi tubuh kita karena mengandung banyak pengawet serta penyedap rasa. Nah untuk itu mulai dari sekarang perbanyak konsumsi buah dan sayur.


 Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi

1. Buah Beri
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyatakan bahwa kandungan resveratrol yang ditemukan dalam cranberi, mulberi, bluberi, dan anggur merah, mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan persendian, termasuk mengurangi peradangan. Kandungan flavanoid di dalamnya juga telah terbukti melindungi sel endotel dari stres oksidatif dan menghambat peradangan yang jika dibiarkan dalam waktu yang lama dapat membahayakan sendi.

 2. Pepaya
Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C akan membantu Anda dalam mencegah penyakit arthritits. Arthritis adalah penyakit yang mengancam kesehatan sendi Anda.

 3. Apel
Kandungan kolagen di dalam makanan berserat ini akan membantu Anda dalam melindungi sendi di dalam tubuh.

4. Brokoli
Indoles dan sulforaphane, dua fitonutrien yang terkandung di dalam brokoli memiliki efek yang signifikan terhadap anti kanker. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita nyeri sendi atau tulang.

5. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak baik yang bagus untuk meningkatkan kesehatan sendi, selain mengandung lemak yang baik, buah ini mengandung tulein yang bagus untuk kesehatan mata.

6.  Kelapa
Kelapa mengandung vitamin K, E, Zat Besi. Vitamin K berfungsi untuk kesehatan tulang dan mempercepat kinerja kalsium. Sementara itu vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

7. Anggur
Anggur mengandung antioksidan yang termasuk golongan senyawa antosianin dan flavonoid. Flavonoid sangat bagus untuk kesehatan tulang dan sendi.

8. Kacang Polong
Kacang hijau yang sarat dengan 8 vitamin dan 7 mineral ditambah serat dan protein lainnya. Vitamin K bersama dengan folat dan vitamin B6 dari kacang hijau membantu menjaga kesehatan tulang.

 9. Bayam
Sumber vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, mangan, besi, kalsium, vitamin B dan vitamin E. Semua nutrisi membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit seperti radang sendi, kanker usus, penyakit jantung dan osteoporosis.

 10. Tomat
Tomat merupakan sumber likopen, suatu antioksidan kuat yang menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat stadium lanjut. Dengan 2 gelas jus tomat setiap hari dapat menurunkan stress oksidatif yang dapat mencegah terjadinya rapuh pada tulang.
 
11. Wortel
Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga bagus untuk kesehatan tulang, anda bisa kombinasikan jus tomat dengan wortel.

 12. Lobak
Memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, dimana setiap 1 buah lobak mengandung 200mg kalsium. Untuk membuatnya, anda bisa membuat sop lobak dicampur dengan sayuran lainnya untuk melengkapi kebutuhkan kalsium harian anda.

Itulah Buah dan Sayuran untuk Kesehatan Tulang dan Sendi. Tak perlu ragu untuk menambah kan buah dan sayuran di atas ke dalam menu makanan anda sehari-hari  agar kesehatan tulang dan sendi tetap terjaga.


Buah Dan Sayuran Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial