Kamis, 13 Juli 2017

Asam Lambung Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi Serius

Asam Lambung Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi Serius,- Penyakit asam lambung kedengarannya seperti penyakit yang ringan dan tidak berbahaya. Namun, akhir-akhir ini dunia selebritis di hebohkan dengan berita meninggalnya Aktor Senior Didi Widiatmoko atau yang akrab dipanggil Didi Petet yang meninggal karena komplikasi asam lambung.

Asam Lambung Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi Serius


Asam Lambung Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi Serius

Setelah mendengar kabar duka yang menimpa Aktor Didi Petet yang meninggal karena komplikasi asam lambung apakah Anda masih menganggap penyakit asam lambung sebagai penyakit yang ringan dan tidak berbahaya?.

Asam lambung yang punya nama gastroesophageal reflux disease (GERD) dalam bahasa Inggris, sederhananya adalah masalah pencernaan. Secara etimologi, gastroesophageal berarti perut dan esophagus. Sementara reflux berarti mengalir bolak-balik. Sehingga WebMD, salah satu situs kesehatan AS, mengartikan GERD sebagai gangguan yang membuat isi perut masuk naik ke esophagus.

Sekitar 60% populasi orang dewasa akan mengalami masalah asam lambung setidaknya selama 12 bulan. Bahkan 20-30% mengalami gejala mingguan. Di Amerika Serikat, tercatat 1.150 kematian pada tahun 2004 yang penyebabnya didiagnosa terkait dengan asam lambung.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam  FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi Ari Fahrial Syam mengungkapkan, penyakit asam lambung memang tidak bisa dianggap sepele, naiknya asam lambung tidak bisa langsung menyebabkan kematian. Namun kenaikan asam lambung memang bisa menyebabkan komplikasi yang berujung maut.

Penyakit asam lambung atau GERD yang berlangsung dalam waktu lama dan tidak segera ditangani bisa menyebabkan komplikasi. Komplikasi yang bisa terjadi adalah :
  • Luka pada Dinding Esofagus atau Tukak Lambung
Tukak lambung yang juga dikenal sebagai peptic ulcer, adalah luka yang menyakitkan yang berkembang di lapisan lambung atau usus kecil. Tukak lambung dapat terjadi di daerah di mana adanya asam atau enzim. Setelah diduga disebabkan oleh stres dan penumpukan asam, sekarang penelitian telah menemukan penyebab utamanya adalah infeksi bakteri.
  • Penyempitan Saluran Esofagus
Penyempitan saluran esofagus merupakan suatau keadaan dimana esofagus (saluran yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung) mengalami hambatan, sehingga menyebabkan gangguan menelan.
  • Esofagus Barrett
Esofagus Barrett adalah kondisi kesehatan dimana sel yang melapisi kerongkongan rusak karena asam lambung, lapisan tersebut kemudian akan menjadi tidak normal dan berubah menjadi seperti sel yang melapisi lambung. Dalam kasus yang jarang terjadi, sel tersebut dapat berubah menjadi sel kanker dan menyebabkan kanker kerongkongan.
  • Kanker Esofagus
Dalam kanker esofagus, sel kanker ganas membentuk gumpalan jaringan atau tumor di mucosal lining (lapisan dalam) dari kerongkongan dan akan tumbuh keluar melalui submukosa, lapisan yang membatasi kerongkongan dan tenggorokan, serta lapisan otot kerongkongan.

Agar komplikasi dari penyakit asam lambung tidak terjadi, segera lakukan penanganan jika Anda mulai merasakan gejala seperti perut kembung, sering bersendawa dan sering merasa kesulitan saat menelan makanan. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi naiknya asam lambung adalah dengan menghindari makanan yang memicu asam lambung dan mengatur pola makan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.



Asam Lambung Tinggi Bisa Sebabkan Komplikasi Serius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial