Senin, 06 Februari 2017

Benarkah Osteoporosis Bisa Terjadi Di Usia Muda?

Benarkah Osteoporosis Bisa Terjadi Di Usia Muda?



Benarkah Osteoporosis Bisa Terjadi Di Usia Muda?,- Bicara masalah osteoporosis, banyak orang yang mengidentikan penyakit ini dengan penyakit khas orang tua. Padahal, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, osteoporosis tidak hanya terjadi di usia tua, tapi orang yang berusia muda pun berisiko mengalami pengeroposan tulang.

Ternyata di usia 20 tahunan juga, osteoporosis bisa berisiko. Namun bukan disebabkan oleh proses yang bersifat fisiologis. Salah satu faktor terbesarnya mungkin karena sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu, misalanya kartiko steroid yang membuat kalium dalam tubuh menjadi berkurang.

Benarkah Osteoporosis Bisa Terjadi Di Usia Muda?
Apa saja faktor penyebab Osteoporosis pada usia muda?

Seperti dilansir dalam Daily Mail, salah satu masalah kompleks yang bisa menyebabkan osteoporosis adalah kurangnya kepedulian orang-orang akan pentingnya konsumsi susu. Banyak orang yang enggan mengkonsumsi susu karena menganggap minum susu ini hanya untuk anak kecil saja. Jelas pemikiran inilah yang telah menyebabkan jutaan anak diseluruh dunia berisiko mengalami masalah osteoporosis. Parahnya lagi, risiko osteoporosis di usia muda ini akan semakin tinggi jika mereka sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Penting juga diketahui, bahwa penyakit osteoporosis merupakan penyakit yang gejalanya tidak terlihat dengan jelas namun berbahaya. Walupun Anda merasa sudah merasa memiliki badan yang sehat, namun asupan kalium jangan diabaikan dan harus tetap terpenuhi.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, ternyata wanita di Indonesia memiliki rata-rata kalsium yang dikonsumsi cukup rendah dari standar. Sangat jauh dari kebutuhan kalsium perharinya, maka dari itu sedini mungkin agar pria maupun wanita bisa mencukupi kebutuhan kalsium hariannya, dan membiasakan diri hidup sehat. Sehingga resiko terkena osteoporosis atau osteopedi dapat dicegah lebih awal.

Kalsium yang dibutuhkan oleh orang yang berusia 9 sampai 18 membutuhkan asupan 1.300 mg, sedangkan orang yang berusia 19 sampai 50 tahun butuh asupan 1000 mg. Dengan cara tersebut Anda bisa menghitung kebutuhan kalsium yang Anda konsumsi, misalnya saja mengkonsumsi susu yang memiliki kalsium tinggi 500 mg, konsumsi makanan lainnya juga, hingga mencapai asupan kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain susu dan kalsium, masalah perubahan gaya hidup pun ditenggarai menjadi penyebab meningkatnya kasus osteoporosis di usia muda. Misalnya, banyak wanita yang ingin kurus, sehingga mereka melupakan perhitungan bobot tubuh ideal dan meninggalkan konsumsi susu yang dianggap penyebab kegemukan.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis di usia muda. Semoga setelah Anda mengetahui hal-hal di atas, Anda bisa lebih memperhatikan kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.



Benarkah Osteoporosis Bisa Terjadi Di Usia Muda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial