Selasa, 06 Juni 2017

Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas Olahraga

Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas Olahraga,- Sendi sering terasa sakit dan sulit di gerakan setelah berlari dengan jarak yang lumayan jauh? Hal tersebut terjadi bukan karena Anda salah memilih teknik, namun terjadi karena Anda melewatkan pemanasan sebelum olahraga.

Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas Olahraga


Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas Olahraga

Pemanasan adalah kegiatan yang dilakukan sebelum berolahraga untuk membantu meningkatkan suhu tubuh. Hal ini dapat membantu mempersiapkan tubuh atau membantu tubuh beradaptasi dengan kegiatan olahraga yang akan dilakukan, sehingga tubuh tidak kaget saat olahraga. Pemanasan dapat membantu mempercepat dekak jantung dan pernafasan, sehingga aliran darah yang kaya nutrisi dan oksigen dapat mengalir dengan lancar.

Inilah beberapa manfaat pemanasan sebelum melakukan olahraga yang bisa Anda dapatkan. Diantaranya :
  • Mencegah Cedera
Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari pemanasan adalah untuk mencegah terjadinya cedera. Otot yang telah menjalani pemanasan menjadi lebih lentur dan halus. Ini berarti bahwa gerakan keras dan tiba-tiba, seperti tendangan tinggi atau posisi mendarat cengkung akan lebih tahan banting terhadap potensi keram otot, terkilir hingga robek.
  • Meningkatkan Performa Olahraga
Pemanasan sebelum olahraga akan melenturkan otot-otot agar lebih fleksibel sementara juga meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai otot yang akan digunakan. Alhasil, peningkatan aliran darah juga membawa lebih banyak persediaan oksigen ke seluruh penjuru tubuh yang akan meningkatkan energi otot serta memperluas refleks dan jangkauan geraknya.
  • Memelihara Kesehatan Tulang dan Sendi
Manfaat pemanasan sebelum olahraga juga berpengaruh terhadap tulang dan sendi, yang merupakan bagian tubuh yang juga rentan cedera saat latihan. Dengan pemanasan akan lebih banyak cairan yang bisa melumasi persendian, sehingga membuat sendi-sendi menjadi lebih licin dan fleksibel.
  • Mempersiapkan Mental untuk Latihan Fisik Berat
Pemanasan juga merupakan kesempatan yang baik bagi seorang individu demi mempersiapkan mental agar dapat mengeluarkan 100% kemampuan saat menghadapi latihan fisik yang berat. Pemanasan membantu untuk memperlancar aliran darah tak hanya ke otot dan persendian, namun juga mengalir ke otak sehingga meningkatkan fokus dan kewaspadaan Anda serta mengurangi stres.

Durasi pemanasan bisa disesuaikan dengan kegiatan olahraga yang akan dilakukan. Untuk latihan yang sifatnya intens dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan pemanasan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.



Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas Olahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial