Jumat, 20 Januari 2017

Apa Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Kesehatan?

Kamu sering makan buah pepaya tapi belum tahu Apa Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Kesehatan? Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan buah pepaya, karena hampir di setiap pekarangan rumah di tumbuhi dengan tanaman buah pepaya, buah yang tak kenal musim ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, walaupun banyak orang yang tidak menyukai buah ini ketika sudah matang karena aromanya yang khas.

Apa Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Kesehatan?

Tumbuhan yang berasal dari Mexsiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan yang kini sudah menyebar luas dan banyak di tanam seluruh daerah tropis unuk di ambil buahnya. Pepaya adalah satu-satunya jenis dalam genus carica.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Pepaya mengandung rendah lemak dan 0 kolesterol, namun kaya dengan beragan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh setiap hari. Pepaya mengandung Carbohydrates (9.81g), serta serat 1.80 g atau 4.5% dari total kebutuhan harian disarankan. Dalam satu posi per 100 gram buah pepaya menyediakan 43 kalori dan merupakan sumber signifikan dari vitamin C (75% dari nilai harian) dan sumber moderat folat 10% DV.

Pepaya mengandung vitamin B kompleks dalam jumlah yang baik serta vitamin penting lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan Vitamin K. Pepaya juga mengandung elektrolit dengan jumlah yang cukup baik, kalium, serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, posfor dan Zinc.

Apa Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Kesehatan?


Apa Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Kesehatan?
Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis telah lama di kaitkan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian yang menujukan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti buah pepaya dapat mengurangi risiko kesehatan bahkan mendukung kecantikan kulit.

Lalu apa saja manfaat mengkonsumsi buah pepaya bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaatnya :

  • Menguatkan Sistem Imun Tubuh
Vitamin C dan A serta senyawa bera karoten yang terkandung di dalam buah pepaya sanag di perlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi buah yang sehat untuk mencegah infeksi, pilek, flu dan merdakan demam.

  • Sebagai Anti-inflamasi
Selain penghilang rasa sakit, kandungan enzim yang ada di dalam buah pepaya sangat berkhasiat mencegah berkembangnya sel kanker. Kandungan enzim anti-inflamasinya juga bisa mengurangi rasa sakit akibat osteoporosis maupun arthritis, jadi bagian penderita arthritis sangat di sarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya.

  • Menyehatkan Tulang
Tubuh yang kekurangan vitamin K menyebabkan rentannya terkena penyakit tulang. Tulang memiliki peranan penting dalam menopang tubuh anda. Apa yang akan terjadi bila tulang anda tidak sehat, pasti sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda kelak. Kandungan vitamin K yang ada pada buah pepaya sangat berperan positif dalam kesehatan tulang.

  • Memperbaiki Pencernaan
Manfaat pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika anda susah BAB, pepaya solusinya. Di dalam pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu papain, yang berguna dalam membantu pencernaan. Selain itu, juga dapat berguna untuk melunakkan daging. Pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut, sangat baik dalam pencegahan sembelit dan mempromosikan keteraturan buang air besar, sehingga menyehatkan saluran pencernaan.

  • Mencegah Penyakit Jantung
Asupan kalium yang ada pada pepaya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan jantung anda. Selain itu, dengan kandunganenzim alami yang terdapat pada buah pepaya, bisa membantu mencegah proses oksidasi kolesterol dan sekaligus membantu mencegah resiko penyakit jantung. Jadi dengan rutin mengkonsumsi pepaya anda bisa mencegah terjadnya penyakit jantung pada diri anda. Dan kandungan serat serta kalium dan berbagai macam vitamin juga turut berperan positif dalam mencegah resiko terkena penyakit jantung.

  • Menurunkan Kolesteol
Buah pepaya akan akan serat, vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah penumpukan kolesterol di arteri.

Arthritis dapat menjadi penyakit yang benar-benar melemahkan dan orang-orang yang memilikinya dapat menemukan kualitas hidup mereka berkurang secara signifikan. Makan pepaya yang baik untuk tulang Anda karena pepaya memiliki sifat anti-inflamasi bersama dengan Vitamin C yang membantu dalam menjaga berbagai bentuk arthritis di teluk. Sebuah studi yang diterbitkan di Annals of Diseases rematik menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan rendah vitamin C tiga kali lebih mungkin untuk memiliki arthritis daripada mereka yang tidak.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka
Karena pepaya di gunakan secara topikal dengan meumbuk buahnya, terlihat bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah daerah kulit yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa anzim proteilitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep . Salep yang mengandung enzim papain juga telah di gunakan untuk mengobai ulkus dekubitus atau luka baring.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila Anda mengkonsumsi buah pepaya. Perlu di ingat, dengan catatan mengkonsumsi buah pepaya harus dalam porsi yang cukup tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk. Semoga artikel kesehatan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam sehat.



Apa Manfaat Makan Buah Pepaya Untuk Kesehatan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial