Rabu, 17 Mei 2017

Perbedaan Struktur Fungsional Ligamen Dan Tendon

Perbedaan Struktur Fungsional Ligamen Dan Tendon,- Ligamen dan tendon adalah bagian dari sistem muskuloskeleter yang membantu dalam pergerakan organ lokomotif anggota badan serta bagian tubuh lainnya. Terbentuk dari rantai sel kolagen yang dihasilkan oleh protein yang disimpan dalam tubuh.

Perbedaan Struktur Fungsional Ligamen Dan Tendon


Perbedaan Struktur Fungsional Ligamen Dan Tendon

ligamen dan tendon adalah dua jaringan ikat utama selain fasia, perbedaan keduanya sudah terlihat jelas pada fungsinya, yaitu ligamen yang berfungsi untuk menghubungkan dua tulang yang terpisah satu sama lain, sedangkan tendon menghubungkan otot dengan tulang.

Apa itu Ligamen dan Tendon?

Ligamen adalah pita jaringan yang elastis, berfungsi untuk mengikat luar ujung tulang yang saling membentuk persendian, mengontrol rentang gerak, serta menstabilkan pergerakan tulang. Tanpa adanya ligamen, tulang yang satu dengan yang lain tidak akan menyatu serta tidak dapat melakukan gerakan ketika otot berkontraksi. Komposisi ligamen terdiri dari 805 kolagen dan sekitar 5% dari proteoglikan dalam berat kering.

Tendon adalah jaringan ikat yang memiliki kekuatan tarik yang sangat tinggi yang menghubungkan otot dengan tulang. Mirip dengan ligamen, tendon juga terdisi dari serat kolagen. Tendon secara struktural dirancang untuk menahan jumlah tinggi tegangan otot dan mereka bekerja sama dengan otot untuk mengerahkan kekuatan dalam yang digunakan untuk menarik hal-hal ke arah tubuh. Selain serat kolagen padat, tendon juga terdiri dali elastin, glikoprotein berat glikosilasi, kalisum, mangan dan tembaga.

Inilah Letak Perbedaan Struktur Fungsional Ligamen dan Tendon


Tempat Perbedaan
Ligamen
Tendon
Struktur
Jaringan ikat yang mempunyai komponen biomekanikal yang menarik. Berbentuk protein yang dikenal sebagai kolagen, kelompok protein ini berupa panjang, fleksibel, seperti benang helai atau serat.
Struktur terkecil penyusun tendon adalah fibril kolagen yang bersifat padat, kuat dan feleksibel.
Komposisi
Cluster paket kecil serat kolagen lembut dan proteoglikan.
Serat kolagen, elastin, proteoglikan, tembaga, kalsium,  dan mangan.
Tempat
Antara sendi tulang, sekitar rongga perut dan rahim.
Antara otot dan tulang tangan, kali, tungkai, paha, pinggul, dll
Fungsi
Menghubungkan tulang dengan tulang.
Menghubungkan otot dengan tulang.
Cedera
Terkilir dan robek.
Cedera otot, Avulsi, Tenosinovitis.
 
Tendon dan ligamen merupakan bagian penting dari sistem tulang dan otot manusia. Tanpa tendon dan ligamen, baik tulang maupun otot tidak akan terhubung. Ini berarti, otot yang melekat pada tulang dan tulang yang melekat satu sama lain melalui koneksi tendon dan ligamen. Tendon dan ligamen termasuk material yang keras, sehingga tidak akan putus dengan gampang.

Itulah beberapa perbedaan ligamen dan tendon yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.



Perbedaan Struktur Fungsional Ligamen Dan Tendon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial