Kamis, 19 Januari 2017

Ini Dia Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Inidia Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan,- Bukan hanya sekedar daun untuk dekorasi hidangan atau garnis, tumbuhan yang dikenal dengan nama latin Petronelium Crispum itu merupakan herbal yang memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Dr. Denice Moffat, ahli nutrisi dari American Naturopathic Medical Association, mengatakan, peterseli merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia, selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage, dan bubuk cabai merah.

Ini Dia Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan


Inidia Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Daun paterseli merupakan tumbuhan yang merambat dengan keringgian mencapai hingga 1 meter lebih, tumbuhan ini tersebar luas di seluruh dunia, mulai dari daratan eropa, asia dan juga amerika. Daun yang memiliki ciri-ciri mirip seperti daun wortel ini tumbuh di daerah yang cenderung dingin. Maka dari itu, daun paterseli tidak terlalu banyak di temukan di Indonesia.

Kandungan Nurtisi Daun Paterseli

Peterseli adalah sumber flavonoid dan antioksidan, terutama luteolin, apigenin, asam folat, vitamin K, vitamin C dan vitamin A. Satu gram paterseli mengandung sekitar 6,0mg dari lycopene dan 10,7g alpha karoten serta 82ug tulein + zeaxanthin dan 80,7mg beta karoten.

Maka dari itu, tidak aneh lagi jika daun peterseli sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Berikut, Beberapa Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan


  • Sumber Zat Besi
Zat besi dalam peterseli dua kali lebih tinggi dari bayam. Zat besi bermanfaat untuk membantu produksi komponen pembawa oksigen penting dalam sel darah merah yang disebut heme.

  • Kaya Akan Antioksidan
Peterseli sangat kaya akan antioksidan yang dibutuhkan olah tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu peterseli juga mengandung luteloin yang mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

  • Meningkatkan Imunitas
Sperti yang telah di jelaskan di atas, peterseli mengandung  vitamin C dan B12, beta karoten dan asam lemak yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peterseli juga mengandung unsur unik dalam minyak atsirin.

  • Menghilangkan Bau Mulut
Seperti Tanaman Hijau lainnya, peterseli mempunyai warna dan senyawa yang disebutklorofil. Zat ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi serta membantu untuk menetralisir racun. Klorofil adalah pewangi alami dan suplemen yang di rekomendasikan untuk melawan bau mulut.


  • Membantu Melindungi Mata
Nutrisi peterseli serat dan vitamin A yang mencakup dua antioksidan pro-vitamin A, karotenoid dan beta karoten yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Antioksidan ini melindungi retina dan kornea dari kerusakan, membantu mencegah gangguan mata dari degenerasi makula dan katarak.

Peterseli mengandung 574% vitamin K dari nilai harian yang di rekomendasikan, berhubungan dengan meningkatkan sedehatan tulang karena membantu untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium.

Peterseli sangat efektif terhadap rheumatoid arthritis. Senyawa seperti vitamin C dan beta-karoten ditemukan dalam ramuan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam mengendalikan arthritis. Mengkonsumsi secara teratur juga diyakini untuk mempercepat proses penghapusan asam urat, yang telah dikaitkan dengan gejala arthritis.

  • Turunkan Resiko Kanker
Mengkonsumsi daun peterseli dapat menurunkan bahaya kanker seperti kanker kulit, saluran pencernaan, kanker payudara dan kanker prostat. Peterseli memiliki jumlah flavonoid tinggi yang di kenal  sebagai apigenin, selain apigenin peretseli juga memiliki sifat anti-kanker yang luar biasa.

Itulah manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun peterseli. Konsumsi peterseli bisa dilakukan dengan mencampurnya langsung ke dalam masakan atau sajian jus buah. Untuk terapi kesehatan, bisa juga dengan merebusnya. Berhati-hatilah jika Anda menemukan peterseli di dalam air, karena peterseli sangat mirip dengan racun hemlock yang sangat mematikan.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat


Inidia Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial