Sabtu, 23 Juli 2016

5 Olahraga untuk Penderita Nyeri Sendi

Olahraga untuk Penderita Nyeri Sendi,- Kesehatan sendi memang sudah wajib untuk di jaga di masa muda di usia 20-30 tahun, di zaman sekarang sudah tidak aneh lagi banyak anak muda yang melakukan olahraga di GYM. Tapi apa anda tahu bahwa olahraga GYM tanpa di iringi latihan yang benar akan berpengaruh terhadap kesehatan sendi anda pada saat tua nanti?. Penelitian menyebutkan banyak anak muda yang sering berolahraga ke GYM tanpa di iringi latihan yang benar akan nyeri sendi pada saat usia lanjut.

Sendi dan adalah bagian yang penting pada tubuh kita, hubungan antara tulang dan sendi sangatlah erat kaitannya.  Sendi merupakan perhubungan antartulang sehingga tulang dapat di gerakkan. Olahraga ringan yang teratur membantu mengurangi peradangan kronis yang berhubungan dengan arthitis dan bahkan dapat meningkatkan toleransi rasa sakit, mampu mengendalikan resiko berbagai macam penyakit.

5 Olahraga untuk Penderita Nyeri Sendi
Anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi jika sendi anda terganggu atau memiliki masalah, ternyata olahraga tidak hanya dapat menyehatkan organ dalam tubuh namun juga dapat berkhasiat bagi kesehatan sendi.

Bila anda mendapatkan jadwal libur kerja, disarankan untuk berolahraga pagi atau sehabis bangun tidur disarankan untuk berolahraga selama 15 menit. Hal ini akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang, otot dan bagian-bagian yang kaku lainnya. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari berolahraga.

Olahraga untuk Penderita Nyeri Sendi

  • Aerobik Ringan
Misalnya naik tangga, berjalan dan menari. Hal ini dapat membantu tubuh tetap bugar serta mengurangi risiko penyakit jantung dan nyeri sendi. Mulailah melakukan aerobk ringan untuk beberapa menit setiap hari. Tingkatkan waktunya secara bertahap dari 5 menit ke 10 menit hingga 60 menit.
 
  • Olahraga beban 2-3 kali seminggu
Olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot serta mobilitasnya sehingga dapat mengurangi nyeri sendi. Jangan terlalu sering melakukan olahraga ini minimal 2-3 kali seminggu.
  • Berenang
disamping baik untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata olahraga air ini juga sangat baik bagi mereka yang mempunyai keluhan radang sendi entah itu gaya bebas, gaya punggung maupun gaya dada. Namun, gaya bebas lebih di anjurkan karena membuat tubuh, leher, tangan dan tulang belakang berputar dan bergerak dengan ringan. Sedangkan, gaya punggung membantu memperkuat otot-otot punggung dan bahu ,mendukung dan memperpanjang tulang belakang, dan membantu membuka rongga dada. Dan gaya dada mampu memperkuat otot punggung. Namun pada gaya ini sangat di perlukan kehati hatian karena dapat memberikan tekanan berlebihan pada leher dan punggung bawah.
  • Isometric
Olahraga isometric adalah untuk meningkatkan kekuatan fisik, isometric merupakan olahraga peragangan yang ringan namun bagus untuk penderita nyeri sendi.
  • Thai Chi
Tai chi merupakan jenis olahraga tradisional asal Cina yang ditandai dengan gerakan yang lambat, pernafasan yang dalam serta pemusatan pikiran dengan unsur meditasi. Hal ini telah dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas British Columbia di Kanada, bahwa “olahraga tai chi efektif membantu penderita radang sendi atau osteoarthritis”.
Olahraga jenis ini membantu dalam kelenturan tubuh, otot dan sendi. Thai Chi merupakan serangkaian gerakan yang penuh kelembutan sehingga dapat menciptakan ketenangan batin dan keseimbangan antara kelenturan serta otot.

Itukah beberapa ulasan Olahraga untuk Penyakit Nyeri Sendi. Usahakanlah untuk rutin berolahraga dengan intensitas sedang minimal 15 menit setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.


5 Olahraga untuk Penderita Nyeri Sendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial