Jumat, 29 Juli 2016

Penyebab Tulang Sendi Bunyi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Tulang Sendi Bunyi dan Cara Mengatasinya,- Bunyi-bunyi pada sendi bisa merupakan hal yang normal atau bisa juga merupakan sebuah patologis (penyakit atau kelainan). Keadaan patologis biasanya disertai nyeri ketika digerakkan. Namun dapat juga tanpa disertai nyeri, pada keadaan normal hal ini dapat terjadi karena produksi cairan sendi yang kurang.

Struktur lutut terdiri atas otot, tulang, kapsul, tulang rawan, meniskus (bantalan lutut), ligamen (jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang), tendon (jaringan yang menghubungkan tulang dengan otot) serta saraf. Bila timbul gangguan atau kelainan pada salah satu bagian ini dapat menyebabkan gangguan pergerakan tulang maupun timbul bunyi saat bergerak.

Penyebab Tulang Sendi Bunyi dan Cara Mengatasinya
Bila mengalami keluhan tulang sendi yang berbunyi tanpa disertai rasa sakit,  kondisi ini dapat disebabkan oleh gelembung udara dalam sendi, regangan pada tendon maupun ligamen. Namun bila lutut berbunyi disertai dengan rasa sakit, kemungkinan kondisi ini dapat disebabkan oleh cedera pada ligamen, cedera meniskus, atau radang sendi (arthritis). Kondisi ini dapat saja berhubungan dengan riwayat cedera atau benturan pada lutut yang tidak ditangani dengan baik.

Penyebab Tulang Sendi Bunyi dan Cara Mengatasinya


Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif yang muncul akibat penurunan fungsi organ atau alat tubuh, sehingga sel mengalami kemunduran dan menyebabkan sendi berbunyi. Yang paling mendasari penyakit ini ialah dari faktor usia atau genetik. Jika osteoporosis umumnya terjadi pada orang usia 50 tahun ke atas (terutama perempuan), maka osteoarthritis juga bisa terjadi saat usia muda.

Cedera
Cedera dapat menyebabkan tulang sendi berbunyi karena trauma yang disebabkan oleh kecelakaan, gerakan spontan, atau benturan pada lutut yang tidak ditangani dengan baik.

Kondisi kesehatan
Kondisi kesehatan yang kurang baik juga menjadi penyebab tulang sendi berbunyi.

Gangguan degeneratif
Seiring bertambahnya usia, maka tulang dan persendian juga mengalami keausan yang akan menyebabkan gangguan degeneratif.

Menurunnya hormon seksual
Jika pada wanita yang hormon berperan adalah hormon estrogen, sedangkan pada pria hormon yang berperan adalah hormon testoteron. Hal itu juga bisa menyebabkan tulang sendi berbunyi.

Kelemahan otot
Kelemahan otot juga bisa menjadi penyebab tulang sendi berbunyi, karena aktivitas fisik yang berlebihan

Kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan juga bisa menjasi penyebab tulang sendi berbunyi, karena sendi tidak kuat untuk menopang berat badan.

Gangguan saraf tepi
Kondisi ini terjadi ketika gangguan atau kelainan saraf yang terjadi memengaruhi saraf di luar otak dan saraf tulang belakang. Dengan kata lain, memengaruhi saraf-saraf anggota gerak, seperti jari kaki, kaki, tungkai, jari tangan, tangan, dan lengan.

Kelainan pada tulang
Kelainan pada tulang dapat mengganggu proses gerakan yang normal, kelainan pada tulang dapat terjadi karna kekurangan vitamin D, penyakit, kecelakaan, atau karena kebiasaan sikap tubuh yang salah dalam waktu lama.

Kini HADIR Obat Penyakit Nyeri Sendi paling AMPUH dan Alami dengan "QnC Jelly Gamat". 100% ASLI INDONESIA yang diproduksi oleh PT. Bijaksana Maju Utama dan dipasarkan oleh CV Peduli Semesta Alam. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL.

QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal berbentuk jelly kental berbahan dasar 100% ekstrak gamat emas ASLI INDONESIA yang mempunyai khasiat dan manfaat penting sebagai penunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dipadukan dengan bahan alami lainnya seperti Sweeterner stevia, Pengemulsi nabati, Essen natural, Air RO, Ekstrak Buah dan Sayur.


Untuk informasi lebih lengkap klik >> Cara Mengobati Nyeri Sendi

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Baca juga: Nyeri Sendi pada Tengkuk

Penyebab Tulang Sendi Bunyi dan Cara Mengatasinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial