Jumat, 17 Februari 2017

Faktor Risiko Dan Dampak Berbahaya Osteoporosis Pada Tubuh

Faktor Risiko Dan Dampak Berbahaya Osteoporosis Pada Tubuh,- Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya menimbulkan kerapuhan pada tulang.

Di Indonesia, sebanyak 23% wanita berusia 50-80 tahun dan 53% wanita berusia 70-80 tahun mengidap osteoporosis, berdasarkan penelitian pada tahun 2006. Risiko wanita mengidap osteoporosis empat kali lebih besar dibandingkan dengan pria.

Faktor Risiko Dan Dampak Berbahaya Osteoporosis Pada Tubuh


Faktor Risiko Dan Dampak Berbahaya Osteoporosis Pada Tubuh

Meskipun umumnya osteoporosis dialami oleh wanita yang telah memasuki masa manopause, osteoporosis juga dapat terjadi pada pria, wanita yang berusia lebih muda dan anak-anak. Kekurangan kalsium juga menjadi penyabab osteoporosis. Hanya saja faktor risiko osteoporosis akan semakin besar apabila Anda :

  • Memiliki riwayat keluarga dengan osteoporosis
  • Memiliki postur tubuh yang yang kurus, orang yang bertubuh gemuk akan lebih rendah berisiko terkena osteoporosis
  • Sering mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan merokok
  • Penyakit tertentu, seperti penyakit yang menyerang hormon, seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif
  • Pemakaian obat-obatan jangka panjang yang mempengaruhi kekuatan tulang
  • Kondisi yang diakibatkan oleh peradangan pada organ tubuh seperti reumatoid arthtitis. penyakit paru obstruktif kronis/COPD (chronic obstructive pulmonary disease), dan penyakit Crohn.

Osteoporosis merupakan penyakit yang mengacu pada kepadatan kondisi tulang yang melemah dan rapuh dengan peningkatan kerentanan terhadap patah tulang. Penyakit osteoporosis disebut dengan penyakit diam-diam atau "silent disease", karena datangnya penyakit osteoporosis ini tidak ditandai dengan gejala yang pasti.

Dampak Berbahaya Osteoporosis Pada Tubuh

  • Patah Tulang (Bone Fractures)
Seiring hilangnya kepadatan, tulang akan lebih mudah paruh. Akibatnya, kejadian seperti jatuh atau terpeleset bisa menyebabkan patah tulang terutama tulang panggul.

  • Fraktur Kompresi (Compression Fractures)
Seperti daerah lain dari tubuh, tulang belakang juga akan menjadi rentan terhadap efek osteoporosis. Banyak penderita osteoporosis yang mengalami fraktur kompresi, kondisi dimana tulang belakang menjadi tumpang tindih antara satu dengan yang lainnya. Fraktur Kompresi biasanya terjadi saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti membungkuk dan mengangkat beban.

  • Perubahan Penampilan
Akibat terjadinya fraktur kompresi yang disebabkan oles osteoporosis, seseorang bisa kehilangan tinggi badan sekitar 15-205 dari tinggi semula. Hal ini disebabkan karena kondisi tulang belakang yang saling menumpuk atau tumpang tindih. Pada beberapa kasus, fraktur juga bisa menyebabkan kiposis, kondisi yang menyebabkan tulang belakang membungkuk.

  • Nyeri
Ketika osteoporosis semakin bertambah para, orang yang mengalami osteoporosis akan sering mengalami nyeri tulang yang terlokalisasi di area tertentu misalnya punggung, pinggul, leher, bahu dan kaki.

  • Kehilangan Keseimbangan
Nyeri yang timbul akibat osteoporosis sering menyebabkan tubuh lebih kaku untuk bergerak, sehingga berdampak negatif terhadap keseimbangan.Kondisi ini sering menyebabkan jatuh, yang bisa menyebabkan patah tulang, sehingga menciptakan siklus nyeri yang lebih parah karena patah tulang.

Semua orang dapat menjaga tulang tetap sehat dan terhindar dari mengurangi risiko terhadap osteoposis. Anda bisa mulai dengan menerapkan pola makan sehat disertai dengan melakukan olahraga secara teratur. Perbanyak pilihan makanan yang kaya akan kandungan vitamin D dan kalsium. Mulailah kurangi merokok hingga benar-benar bisa menghindari sepenuhnya dan kurangi mengkonsumsi minuman keras.

Selain dengan cara diatas, untuk membantu mencegah sekaligus mengobati osteoporosis, kami juga merekomendasikan produk herbal yaitu QnC Jelly Gamat.

Apa itu QnC Jelly Gamat?

QnC Jelly Gamat adalah produk herbal berkualitas tinggi yang secara khusus dipormulasikan untuk membantu mengobati berbagai penyakit pada tulang dan sendi seperti halnya penyakit osteoporosis. Memiliki khasiat tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium, vitamin D dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tulang.

Informasi lebih lengkap bisa Anda baca disini >> Cara Mengobati Nyeri Sendi

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat



Faktor Risiko Dan Dampak Berbahaya Osteoporosis Pada Tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial