Sabtu, 04 Februari 2017

Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi

Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi,- Untuk mendapatkan tulang dan sendi yang kuat, dibutuhkan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Tanpa tulang dan sendi  yang kurang, sehat maka akan sulit bagi tubuh untuk dapat berdiri tegak dan menjalankan aktivitas keseharian.

Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi


  • Protein yang Cukup
Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi
Secara historis, ada perbedaan mengenai dampak protein terhadap kesehatan tulang. Sekian banyak penelitian awal menunjukan bahwa diet tinggi protein terutama diet daging merah dapat menyebabkan tulang lemah. Namun penelitian baru menunjukan, bahwa diet yang tinggi protein bisa meningkatkan mineral tulang & mengurangi risiko patah tulang. Protein membantu membangun dan mempertahankan otot, yang melindungi sendi dan tulang serta merangsang kekuatan tulang. Ada sekian banyak makanan yang mengandung protein ialah diantaranya telur, salmon, daging tanpa lemak, kedelai, kacang-kacangan.

  • Fosfor
Fosfor merupakan salah satu mineral penting dalam tubuh yang diperlukan oleh tulang. Tubuh yang kekurangan zat fosfor akan menghambat produksi garam kalsium yang pada akhirnya akan menyebabkan tulang menjadi rusak. Meski begitu, bila tubuh mengalami kelebihan zat fosfor dalam darah pun bukan berarti hal yang baik. Hal ini akan menyebabkan pengerasan arteri yang akan berujung terhadap risiko serangan jantung dan stroke.

  • Vitamin yang Cukup untuk Sendi Sehat
Untuk merawat sendi sehat, kecukupan asupan vitamin setiap harinya sangat penting. Berbagai jenis vitamin yang mendukung sendi sehat adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Secara umum, fungsi vitamin dalam menjaga kesehatan sendi adalah karena adanya aktivitas antioksidan dan aktivitasnya dalam berbagai reaksi kimia dalam tubuh.

Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan SendiVitamin A, C, dan E berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah inflamasi maupun reaksi lain akibat adanya radikal bebas. Sebuah studi menyebutkan bahwa vitamin A berpotensi dalam pencegahan rheumatoid arthritis. Sementara itu vitamin C diketahui baik untuk kesehatan sendi. Saat dikombinasikan dengan vitamin A dan E, vitamin C terbukti lebih efektif dalam aktivitasnya sebagai antioksidan. Berbagai vitamin ini dapat diperoleh dari sumber-sumber alami dari alam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Vitamin D diperlukan untuk sendi sehat karena penyerapan kalsium membutuhkan vitamin D dalam jumlah yang cukup. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin K juga penting. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurangnya vitamin K dalam tubuh dapat meningkatkan risiko osteoarthiritis (3). Beberapa jenis vitamin B seperti vitamin B3, B5, dan B6 diperlukan oleh sendi untuk dapat berfungsi secara lebih optimal. Kecukupan berbagai vitamin ini dapat diperoleh dari sayuran hijau, telur, daging sapi, tuna, serta susu.

  • Omega-3
Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi
Omega-3 juga telah terbukti sangat baik untuk sendi yang sehat. Asam lemak Omega-3 dapat membentuk senyawa prostaglandin yang diketahui memiliki sifat anti-peradangan sehingga risiko nyeri sendi dapat dikurangi. Selain itu omega-3 juga diketahui dapat mempercepat penyembuhan ligament (jaringan ikat antara tulang dengan tulang). Makanan yang banyak mengandung omega-3 misalnya salmon, sardine, herring, kacang-kacangan, dan kedelai.

  • Karbohidrat Berkualitas
Tak semua karbohidrat mempunyai efek negatif terhadap kesehatan tulang dan sendi. Karbohidrat kompleks seperti buaah-buahan dan sayur-sayuran akan benar-benar meningkatkan massa tulang & Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendimeningkatkan penyerapan kalsium. Menurut Dr. Zernicke, buah dan sayur mengandung karbohidrat non dicerna seperti inulin jenis fructans yang tidak dapat dicerna oleh usus kecil.

Tidak Hanya itu, buah-buahan & sayuran mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serat & fitonutrien lainnya yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Mereka serta rendah kalori di bandingkan dengan makanan ini, yang akan membantu menangkal kenaikan berat badan yang menyebabkan masalah muskuloskeletal.

  • Kalsium
Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi
Kalsium, mineral yang paling berlimpah di dalam tubuh ialah salah satu nutrisi yang paling penting untuk kesehatan tulang. Mineral ini juga memainkan peran penting dalam kontraksi otot. Pengaturan detak jantung, tranmisi impuls saraf, pengaturan tekanan darah & fungsi system kekebalan tubuh. Mendapatkan asupan harian yang direkomendasikan kalsium (yang bervariasi berdasarkan jenis kelamin & umur) dapat membantu menangkal osteoporosis & menjaga otot & saraf berfungsi dengan normal.

  • Seng
Mineral ini diperlukan untuk pembaharuan jaringan tulang dan mineralisasi. Kekurangan parah biasanya berhubungan dengan kalori dan gizi buruk protein, dan memberikan kontribusi untuk pertumbuhan tulang terganggu pada anak-anak. derajat ringan defisiensi zinc telah dilaporkan pada orang tua dan berpotensi berkontribusi status tulang miskin. Sumber zinc seperti daging tanpa lemak merah, unggas, sereal gandum, kacang-kacangan.

  • Potassium
Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi
Zat potassium jarang sekali dikaitkan dengan kesehatan tulang. Namun demikian , para peneliti meyakini bahwa potassium bisa menurunkan resiko pengeroposan tulang & mengembalikan kalsium ke tulang. Bukan cuma itu, potassium juga dapat membantu mentralkan asam metabolisme yang diproduksi oleh tubuh & melindungi tulang dari kerusakan.

  • Glucosamine dan Chondroitin
Kombinasi suplemen glucosamine dan chondroitin dapat membantu mengurangi nyeri sendi serta mencegah kerusakan persendian, terutama pada penderita osteoarthritis. Glucosamine merupakan salah satu komponen penyusun tulang rawan dan minyak synovial (cairan sendi). Konsumsi glucosamine dapat meningkatkan volume minyak synovial sehingga dapat mencegah peradangan sendi. Sementara itu, chondroitin merupakan komponen utama penyusun tulang rawan yang melapisi tulang dan sendi. Karena itulah, konsumsi chondroitin sangat baik untuk melapisi sendi sehingga mencegah osteoarthritis .

Kombinasi glucosamine dan chondroitin lebih efektif dalam mengurangi nyeri sendi dan memperbaiki fungsi sendi dibandingkan suplementasi hanya dengan glucosamine atau hanya dengan chondroitin. Karena itu, lebih disarankan menggunakan kombinasi keduanya dalam mencegah osteoarthritis.

Itulah beberapa nutrisi penting yang sangat diperlukan untuk kesehatan tulang dan sendi. Untuk mendapatkan tulang dan sendi yang sehat, imbangi juga dengan pola hidup sehat agar kesehatan tulang dan sendi Anda semakin terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.



Nutrisi Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Sendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial