Jumat, 10 Februari 2017

Sumber Vitamin D Dan Kalsium Untuk Tulang Yang Kuat Dan Sehat

Sumber Vitamin D Dan Kalsium Untuk Tulang Yang Kuat Dan Sehat,- Peran vitamin D dan kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang. Sebagaimana diketahui, bahwa makanan yang baik untuk tulang pada dasarnya terdiri dari vitamin D dan juga kalsium. Vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh karena peranannya dalam menyerap kalsium.Sedangkan kalsium merupakan mineral penting dalam tubuh yang disimpan di dalam tulang.

Sumber Vitamin D Dan Kalsium Untuk Tulang Yang Kuat Dan Sehat


Sumber Vitamin D Dan Kalsium Untuk Tulang Yang Kuat Dan Sehat


Berikut adalah beberapa sumber vitamin D dan kalsium yang baik untuk kekuatan dan kesehatan tulang. Diantaranya :

  • Cahaya Matahari
Cahaya matahari merupakan sumber vitamin D yang paling bagus dalam menjaga kesehatan dan keluatan tulang, lantas mengapa demikian? Vitamin D dapat diproduksi di dalam tubuh saat kulit terpapar sinar matahari, tubuh akan memproduksi 10.000 hingga 25.000 IU vitamin D setelah kulit berubah menjadi kemerah merahan saat terpapar sinar matahari. Vitamin D akan semakin banyak diproduksi bila area kulit terluas yang terpapar sinar matahari seperti punggung.

  • Susu
Susu memang sangat baik untuk kesehatan tulang, susu banyak mengandung kalsium dan vitamin D serta merupakan alasan yang kuat untuk mengkonsumsinya secara teratur. Sebuah penelitian juga menunjukan kalsium dalam susu bisa memperkuat tulang dan mencegah osteroporosis sebab mengandung kalsium dan vitamin D. Namun studi terbaru ini menunjukan bahwa minum susu terlalu banyak justru akan menyebabkan risiko patah tulang. Untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat konsumsi susu harus sesuai takaran yang disarankan.

  • Keju
Keju merupakan produk olahan susu yang tentunya mengandung banyak kalsium. Keju yang banyak mengandung kalsium adalah keju jenis mozarella, sehingga sangat tepat untuk Anda konsumsi setiap hari. Namun harus tetap dibatasi agar terhindar dari dampak buruk yang akan mempengaruhi kesehatan.

  • Yogurt
Karena berbahan dasar susu, maka yogurt mengandung kalsium dan vitamin D. Mengkonsumsi secangkir yogurt bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda, serta sangat bagus untuk tulang juga bisa membantu mencegah osteoporosis.

  • Sayuran Berdaun Hijau Gelap
Belum banyak yang tahu bahwa sayuran berdaun hijau gelap seperti salad air dan juga kangkung menjadi alternatif sumber kalsium non-susu yang baik. Namun, harap diperhatikan bahwa daun bayam yang juga termasuk dalam sayuran hijau berdaun gelap ini mengandung asam oksalat yang membuat kalsium yang terkandung didalamnya tidak bisa diserap oleh tubuh manusia.

  • Ikan Lele
Ikan lele merupakan jenis ikan yang banyak di budidayakan dan juga di konsumsi oleh masyarakat, namun mereka belum tahu banyak mengenai kandungannya. Ikan lele mengandung vitamin D dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan memperkokoh tulang. Dalam setiap 100 gram daging ikan lele terkandung sebanyak 15 mg kalsium yang sangat berperan untuk menguatkan tulang.

  • Ikan Salmon
Vitamin D juga bisa ditemukan dalam ikan berlemak seperti ikan salmon. Cukup mengonsumsi ikan salmon maka kebutuhan vitamin D  harian Anda akan tercukupi dengan baik. Tulang ikan salmon yang biasanya mudah dimakan terutama sudah dalam bentuk kalengan pun banyak mengandung kalsium.

  • Almond
Mengkonsumsi segenggam almond setiap hari dapat memenuhi sekitar 18% dari kebutuhan kalsium harian tubuh. Almond tidak hanya bisa memperkuat tulang tapi juga membantu dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

  • Kuning Telur
Dalam satu butir telur bisa mencukupi 6% kebutuhan harian vitamin D. Pilihlah telur bebek karena memiliki kandungan vitamin D yang lebih baik di bandingkan dengan telur ayam. Namun, anda perlu mengatahui bahwa bagian telur yang banyak mengandung vitamin D adalah kuning telur, jadi jangan sisakan kuning telur ketika makan.

  • Brokoli
Brokoli merupakan sumber vitamin D yang baik selain susu dan juga sayuran berdaun hijau gelap. Dan kandungan kalsiumnya cukup tinggi karena hampir setara dengan kalsium pada segelas susu. 

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan, menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Anda bisa mengaplikasikan beberapa makanan di atas dalam menu makanan sehari-hari, tak lupa juga imbangi dengan olahraga dan istirahat yang cukup.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

 
 
Sumber Vitamin D Dan Kalsium Untuk Tulang Yang Kuat Dan Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial