Rabu, 22 Februari 2017

Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan,- Mungkin Anda belum mengenal dengan jenis jahe yang satu ini. Jahe merah (Zingiber Officinale) memang berbeda dengan jenis jahe pada umumnya, seperti namanya jahe merah ini memiliki warna kemerah-merahan dan ukurannya lebih kecil dari jahe yang lainnya. Namun, dibalik ukurannya yang kecil, jahe merah ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan


Kandungan senyawa dari jahe merah terdiri dari 3,90% minyak atsirin, 44,99% pati dan 8,99% serat. Selain kandungan tersebut, rimpang jahe merah juga mengandung senyawa fenolik, beberapa komponen bioaktif dalam ekstrak jahe merah antara lain gingerol, shogaol, diarilheptanoid dan curcumin. Rimpang jahe juga mempunyai kandungan antioksidan yang melebihi tokoferol.

Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan
Kandungan lain yang terdapat pada jahe antara lain minyak atsiri yang terdiri dari senyawa-senyawa seskuiterpen, zingiberen, zingeron, oleoresin, kamfena, limonen, borneol, sineol, sitral, zingiberal, dan felandren. Minyak atsiri umumnya berwarna kuning, sedikit kental, dan merupakan senyawa yang memberikan aroma yang khas pada jahe.  Karena kandungan senyawa alami yang dimiliki jahe merah cukup banyak dan cukup tinggi, oleh karenanya  jahe merah memiliki segudang manfaat yang luar biasa yang sangat baik digunakan sebagai pengobatan.

Memang sudah tidak diragukan khasiat jahe merah untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi gejala rematik. Jahe merah sangat ampuh mengatasi peradangan, mengurangi rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada sendi. Untuk mengobati rematik dengan jahe merah tidak susah, karena bahan yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan.

Tidak hanya efektif untuk melegakan saja, tetapi juga bisa menyembuhkan batuk sampai tuntas. Sifat jahe merah yang menghangatkan inilah yang mampu menyembuhkan batuk.

Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkenan penyakit jantung. hubungannya dengan jahe merah adalah karena jahe merah memiliki peranan sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

  • Mengatasi Mabuk Perjalanan
Minum wedang jahe sebelum bepergian jauh bisa mencegah mabuk perjalanan, karena jahe bersifat anti mual. Selain itu, jahe merah juga bisa dijadikan bekal untuk menghangatkan badan saat di perjalanan.

  • Menjaga Kecantikan Kulit
Selain sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, jahe merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, dengan rutin mengkonsumsi jahe merah dipercaya akan memperlambat proses penuaan dini, mengatasi kulit berminyak dan ampuh menghilangkan jerawat.

  • Mengatasi Morning Sickness
Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan
Tak hanya buah yang dapat memperlancar pencernaan, ternyata jahe merah juga dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda yang sulit membuang air besar atau sembelit. Jahe merah juga memiliki fungsi untuk penyerapan makanan dan mencegah terjadinya penyakit perut karena sifatnya dari tumbuhan rimpang ini adalah mengurangi peradangan.

  • Meningkatkan Filatas
Bagi Anda para pria yang ingin meningakan fitalitas, sangat bagus jika mengkonsumsi jahe merah. Karena jahe merah bisa mengatasi ejakulasi prematur, merangsang ekresi, meningkatkan aktivitas kelenjar endoktrin sehingga dapat meningkatkan gairah seksual.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dengan meningkatkan sistem imun tubuh, penyakit akan sulit masuk ke dalam tubuh. Jika antibodi dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang adapat ditangakal. Untuk menambah sistem ketahan tubuh, Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe secara teratur.

Jahe merah memang sangat banyak manfaatnya, namun perlu diperhatikan bagi Anda yang menderita maag akut. Jahe merah tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak karena kandungan dalam jahe merah sangat kuat dan dapat menyebabkan perih pada lambung. Dan perlu diperhatikan juga, bagi Anda wanita yang sedang hamil sebaiknya konsumsi jahe merah karena dapat menghambat pertumbuhan janin dan dapat menimbulkan cacat bawaan pada janin.

Sebelum Anda mengkonsumsi sesuatu sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kekurangan dan kelebihannya agar terhindar dari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.



Ragam Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat asma bronkial